10 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Liburan ke Korea Selatan


Hay my sirius, Saya mau berbagi tentang perjalanan bersama keluarga ke Korea Selatan musim gugur ini. Kita berangkat dengan 11 orang personil tanpa menggunakan travel agent, sehingga segala sesuatunya harus dipersiapkan sendirian. 


10 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Liburan ke Korea Selatan

Ada yang berencana liburan ke negeri Raja Sejong ini juga? Semoga tulisan kali ini bisa membantu ya.


Sebelum berangkat, mari kita siap-siap terlebih dahulu..



1. Paspor dan Visa


Pastikan tanggal expired paspor tidak kurang dari enam bulan sebelum berangkat. Jika kurang berarti harus perpanjang paspor dulu. Silahkan kunjungi kantor imigrasi terdekat, oh iya jangan lupa ambil antrian secara online dulu sebelum pergi ke kantor imigrasi. Bawa paspor lama dan ktp beserta fotokopinya, bawa KK juga karena kadang tiba-tiba diminta. Selamat bertemu mba mas imigrasi yang baik-baik. ☺




Setelah paspor ready, saatnya mengurus visa. Visa ini nih yang sering jadi polemik, apalagi bagi kita yang tidak berada di Jakarta karena untuk mengurus visa ke Korea harus di KVAC  (Korea Visa Application Center) tepatnya di Lotte Shopping Avenue lantai 5, Ciputra World 1, Kuningan,  Jakarta Selatan. Begitupun dengan beberapa syarat dokumen yang harus dilengkapi agar visa bisa diproses. Namun, jika kita bersedia menjalaninya dengan tulus ikhlas, hahaa.. Mengurus visa tidak sesulit itu insyaAllah. 
terecya-yesicandoit.blogspot.com
Dalam proses mengajukan visa, kita perlu memprint dan mengisi aplikasi visa terlebih dahulu (bisa download di website KVAC : http://www.visaforkorea-in.com/ (di website ini juga ada petunjuk pengisiannya) kemudian sertakan dengan:
  1. Foto (ukurannya silahkan pastikan lagi di website KVAC ya..hehe)
  2. Paspor asli + copyan
  3. Surat keterangan kerja/surat keterangan pelajar/fotocopy surat izin usaha(SIUP) bagi 
    wiraswasta
  4. Foto kopi Kartu Keluarga
  5. Dokumen keuangan, pilih dua (rekening koran, slip gaji 3 bulan terakhir, SPT, detail
    penggunaan kartu kredit 3 bulan terakhir, fotokopi BPKB mobil/ sertifikat rumah.

Setelah semuanya lengkap serahkan ke KVAC, biaya pembuatan visa adalah 576ribu + 196ribu (biaya admin), kabar baiknyaa Korea membebaskan biaya visa untuk Indonesia hingga bulan Desember 2019 (hanya perlu membayar biaya admin saja).
Penyerahan dokumen ke KVAC bisa diwakilkan, yang penting semua dokumen lengkap dan sudah kita tanda tangani. Sehingga, pengurusan visa dapat dilakukan melalui bantuan agen travel biayanya sekitar 1050k/paspor (ini travel yang di Padang ya guys), berhubung pengurusan visa di KVAC tidaklah rumit jadi sebaiknya minta tolong ke keluarga yang di Jakarta saja daripada lewat agen. Ya ga, ya kaan?
Waktu itu, saya mengurus visa di Bulan September jadi itulah syarat-syarat yang dibutuhkan. Bulan november ini tante saya mengurus visanya, ada satu syarat tambahan yang KVAC minta yaitu “surat sponspor” untuk mereka yang pergi tidak dengan dana pribadi (maksudnya, dibayar orang tua/kantor), jadi saya sarankan cari tahu kembali syarat terbarunya karena bisa saja ada perubahan.


Setelah aplikasi visa diserahkan, kita dapat memantaunya lewat website : https://www.visa.go.kr/ , pilih menu “Check Application Status” biasanya akan tertulis “Under Review” sekitar lima hari kemudian berubah “Approved”  atau “Rejected” dan setelah semua selesai diproses akan di tulis “Passport Returned” nah itu saatnya ke KVAC kembali untuk mengambil paspor yang telah dicetak visa di dalamnya. Taraa... Proses ini biasanya selesai dalam waktu seminggu.


2. Tiket Pesawat

Air Asia menjadi incaran pertama saat mencari-cari tiket murah ke Korea, namun saat proses pencarian itu kami dipertemukan dengan “Malaysia Airlines” yang sedang promo. Alhamdulillah... Disebabkan karena berangkat dari Padang, jadi kami perlu ke KL terlebih dahulu. Agar tidak buru-buru, kami putuskan untuk menginap satu malam di KL. Keesokan harinya, pukul 14.05 waktu KL kami berangkat menuju Seoul.
Selama perjalanan saya merasa nyaman dan terpuaskan dengan pelayanan serta fasilitas Malaysia Airlines, dari kursinya yang tidak sempit, pramugari/a yang ramah, serta makanan yang disajikan juga enak-enak (makanan korea), film yang bisa ditonton juga lumayan update. Pukul 21.45 waktu Seoul kita mendarat di Incheon. Turun di terminal dua bandara dan langsung menuju bagian imigrasi. 
arrival card incheon
Oh iya di pesawat, kita perlu mengisi dua form: Arrival card dan Declaration Form (1/keluarga). Tapi jika tidak mendapatkannya di pesawat, form tersebut bisa diambil dan diisi  sebelum masuk bagian imigrasi (arrival card) dan sebelum ambil bagasi (declaration form). btw, Malaysia Airlines juga free bagasi 30 kg loh. Nice!

3. Tempat Tinggal

Terdapat beberapa pilihan tempat menginap, semua tergantung kebutuhan dan kenyamanan yang dicari. Kami memilih tinggal di Apartemen, namanya “ABC Apartment-DDP” yang berada di wilayah Jongno-gu, lokasinya strategis, dekat kemana-mana, tidak jauh dari Dongdaemun Desaign Plaza. 

Apartmentnya bisa diisi hingga lima orang, ada fasilitas kitchen set, mesin cuci, pengering rambut, jemuran kain, setrika, wifi, colokan, lengkap semua hal penting yang kita butuhkan pada sebuah rumah dapat digunakan. Pengelola apartmentnya juga sangat baik, namanya “Kevin” (tentu saja bukan nama asli). Nah, silahkan dicari ya kira-kira tempat tinggal mana yang terbaik untuk liburannya. Bisa dicari di airbnb.combooking.com, etc.

4. Download Aplikasi 

Kita tak bisa jauh dari hp saat berada di Korea, selain karena banyak spot menarik untuk foto juga disebabkan karena kita akan selalu butuh melihat ponsel sebagai penunjuk arah. Terdapat beberapa aplikasi menarik yang dapat digunakan namun saya hanya menyarankan satu aplikasi terbaik, yaitu “Naver”. Untuk informasi, google map tidak bisa (maksimal) digunakan di Korea Selatan. Sehingga kita perlu mendownload aplikasi buatan negeri mereka sendiri. Naver sangat membantu, paling membantu. Cara membacanya juga tidak rumit. 
aplikasi yang dibutuhkan saat ke korea selatan

Lewat Naver kita bisa mengetahui pilihan transportasi terbaik yang bisa kita naiki ke tempat tujuan, termasuk estimasi waktu sampai beserta harganya. Wuuww, love love Naver!  

5. Sewa Wifi Portable

Ini penting, sangat penting, karena telah menjadi kebutuhan umat manusia abad ini. Terlebih saat berlibur. Kita bisa membeli sim-card maupun menyewa portable wifi saat berada di Bandara Incheon. Namun, menyewa wifi portable dari Indonesia saya rasa merupakan pilihan terbaik. Kenapa? Karena penjualnya adalah orang Indonesia sehingga keuntungan untuk sodara senegara sendiri. Kan cinta tanah air. Hahaa Apasii.. 
wifi republic

Saya menyewa wifi portable dari Wifi Republic harganya 40ribu/hari unlimited bisa dipakai sampai 5 gadget. Selama saya gunakan, tidak ada kendala apapun. Mereka kirim dari Jakarta ke Payakumbuh. Setelah mendarat di Bandara Incheon, kita bisa langsung nyalakan dan wifinya akan connected. Setelah berlibur, sampai di Payakumbuh, tinggal dikirim lagi ke Jakarta dan mereka akan kembalikan uang depositnya (475ribuan) jika wifi portablenya kita kembalikan dengan selamat sejahtera. 

6. Rancang Itenerary

Berhubung pergi tanpa travel, jadilah kita harus buat sendiri rancangan kemana hendak pergi selama berlibur. Sebelum berangkat, satu bulan sebelumnya Saya sudah sering searching tempat-tempat wisata apa saja yang bagus dikunjungi di Seoul. Kita bisa cari referensi lewat vlog dan blog para pendahulu. Saya juga tanya-tanya ke keluarga dan teman-teman yang sudah pernah ke korea. 
Susunlah jadwalnya agar tidak bingung di hari H, usahakan juga tempat A ke tempat B sejalan, jadi tidak bolak balik, coba cari di Naver perhatikan arah map nya agar tidak keliru. Ini penting, agar waktu kita tidak habis di jalan. Berikut saya sertakan contoh itenerary yang saya buat:
itenerary ke Korea Selatan

7. Pakaian dan Makanan

Suhu udara pada siang musim gugur di Seoul berkisar antara 18-21 derjat, pada sore hari agak terasa panas dan malam hari akan berada di suhu 10-12 derjat. Ini suhu udara pada bulan Oktober lalu, semakin menuju Desember akan semakin dingin menyambut musim dingin. Musim gugur itu sejuk, tidak terlalu dingin. Bawalah pakaian yang tidak terlalu tipis, menggunakan jaket. Jadi jika terasa panas, bisa dilepas. Dan dipakai lagi jika sudah malam.  Apabila berencana ke Pulau Nami, gunakanlah pakaian yang agak tebal. Karena pulau akan lebih dingin.
Mengenai makanan, saya pribadi menikmati makanan orang korea. Rasanya bagi sebagian orang akan cenderung hambar. Tapi bagi saya, rasanya Pas. Yang tidak pas adalah harganya. Hahahaduu... Satu porsi makanan halal di Seoul itu bisa 7000 KRW paling murah, sekitar 80ribu lebih. Karena itu, alangkah baiknya kita membawa bekal kemanapun pergi.
Dari Indo bawa beras + dendeng, ikan teri, kacang paga, beuuh pulang dari Seoul tak akan kurus.  Sebelum berangkat di hari itu, kami siapkan bekal di dalam tupperware kecil, masuk ke dalam tas masing-masing. Jika lapar dan bertemu kursi, tinggal makan di sana. Yumm..

8. T-Money dan Won

Seringkali masyarakat Seoul menggunakan kartu dalam proses transaksinya, hal ini disebabkan karena lebih praktis dan lebih cepat. Karena itu saat berlibur di sana belilah T-Money. Kartu ini dapat digunakan untuk membayar apa saja, transportasi, makanan, berbelanja, hampir semuanya. T-Money dapat dibeli di toko yang ada logo t-money dan/atau convinience store seperti GS25 , 7-eleven, CU, emart24 yang banyak tersebar dimana-mana.
Harga T-Money berkisar pada 2500-8000 KRW, berbeda harga tergantung model dan tingkat kelucuannya (semakin imut semakin mahal, biasanya yang berbentuk mainan kunci).  Untuk mengisi ataupun top-up saldonya dapat langsung di sana ataupun dilakukan mandiri pada vending machine.  Apabila seusai liburan saldo masih tersisa dan sayang rasanya jika tidak diambil uangnya, maka silahkan direfund pada convinience store jika sisanya tidak lebih dari 20.000 KRW, apabila lebih proses refund dapat dilakukan di T-Money Headquarter yang berada di depan exit 8, Seoul Station. T-Money tidak ada expired datenya sehingga dapat digunakan lagi apabila kembali ke Korea Selatan.    
goguan11.cafe24
Bagi remaja  (13-18 tahun) dan anak-anak (7-12 tahun) T-Moneynya akan berbeda, disebabkan ongkos subway dan busnya juga lebih murah, sehingga saat membeli  T-Money serahkan paspornya agar T-Money yang diberikan sesuai dengan umurnya.
Selain T-Money tentu kita perlu membawa uang cash saat berlibur, dari Padang kami sudah membawa uang won yang terlebih dahulu telah ditukar di Jakarta. Lalu, kami mengganti lagi rupiah ke won di Kuala Lumpur, tepatnya di daerah Bukit Bintang. Saat itu lebih untung daripada menukarnya di Jakarta. Kalau saya sarankan, ganti uangnya di beberapa tempat saja agar kita bisa merasakan untung dan ruginya kehidupan. Hahaha karena memang tidak bisa diprediksi. Cari tahu juga berapa nilai tukar wajarnya agar tidak tertipu. Namun sepengetahuan saya menukarnya di bandara adalah hal yang terburuk. Jadi tukarlah dimana saja, asalkan tidak di bandara.
Saat di Seoul, saya juga mencoba menarik uang lewat atm, tepat di bawah gedung apartemen ada Hana Bank, di situ ada ATM dan ada pilihan bahasa Indonesia (Yuhuu..  selalu menegangkan menggunakan atm berbahasa Inggris apalagi hangeul, hadaaw). Meski tidak seindah menukar uang lewat money changer tapi jika sangat butuh hal ini juga bukan ide yang buruk, untuk nilai tukarnya sendiri masih diterima laah, okelaa.

9. Festival dan Diskon

Carilah info mengenai festival dan diskon yang ada di Korea Selatan saat kita berkunjung ke sana. Terdapat beberapa festival diantaranya, festival bunga mawar, kembang api, lentera, dll.  Beberapa tempat terbaik juga menarik dikunjungi sesuai musim. Di pertengahan Oktober adalah saat yang tepat melihat pink muhlly grass (rumput ilalang berwarna pink) yang sangat indah dan tidak ada di Indonesia (kalau info saya tidak salah, hanya ada di empat negara: Korea, Jepang, Vietnam, dan China?). 
Halal Restaurant Week Korea 2019
Selain festival, berburu diskon juga ide bagus. Saat Saya berkunjung di sana sedang ada “Halal Restaurant Week Korea”, dimana kita bisa mendapatkan kupon diskon makan di lebih dari 150 restoran halal / muslim frendly. Kuponnya bisa di download dan ditunjukkan pada kasir saat membayar. Kuponnya ada tiga jenis, ada potongan 3000 won, 10.000 won, dan satu lagi ituu kupon berbelanja. Lumayan loh ini.

10. Cari Tahu Peraturan yang Sedang Berlaku

Mau berencana ke Seoul bawa rendang sekilo? Sebaiknya baca ini dulu, guys. Bandara Incheon telah menetapkan beberapa barang terlarang yang tidak diizinkan masuk ke Korea Selatan, salah satunya adalah produk olahan yang berasal dari daging ternak (sapi, ayam, kambing, dll). Apabila kedapatan membawa, koper kita akan diberi stiker dan harus dibawa ke bagian pemeriksaan dulu, rendang sekilo itu pun akan diambil pihak bandara.  

Namun jika kita membawanya dalam jumlah yang sedikit sepertinya tidak akan ada masalah. Sepertinya ya. Saya juga tidak berani jamin. Karena berdasarkan pengalaman kemarin, dendeng balado kita lolos Alhamdulillah. Cobalah menaruhnya terpisah-pisah, sebar dimasing-masing koper. InsyaAllah, All is well.
Saya juga mau menambahkan sedikit info, ini bukan untuk persiapan tapi sekedar info tambahan yang menarik. Jika berbelanja lebih dari 30.000 KRW maka akan ada tax refundnya. Saat membayar pihak toko akan meminta paspor dan harga belanjaan kita akan terpotong. Jika toko tersebut tidak melayani tax refund, cukup simpan bon nya dan lakukan tax refund di bandara. Tempatnya itu sebelah kanan setelah  keluar dari imigrasi, tidak jauh dari sana kok.
Naah itu dia 10 persiapan sebelum berlibur ke Seoul! Di blog selanjutnya saya menulis tentang “Transportasi Umum di Seoul”.
Sooo, Let’s Explore Seoul my Sirius! Gachaaaa... ^^

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 komentar:

  1. Infonya lengkap banget rii, lumayan buat nanti nanti kalau ada rezeki... 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasii amiik... <3 Aamiin Ya Rabb, Seoul romantis cocok buat jalanjalan pasutri :D

      Delete